Jadikan Taput Lumbung Pangan, Inilah Program Ampuh Bupati Nikson Nababan

Jadikan Taput Lumbung Pangan, Inilah Program Ampuh Bupati Nikson Nababan

Seperti yang kita tahu, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, selalu menerapkan slogan Tapanuli Utara, yaitu Senyum, Sapa, Salam (3S). Begitu juga ketika beliau sedang di lapangan maupun sedang bersama masyarakatnya. Hal tersebut membuat masyarakat merasa begitu diperhatikan dan juga dilindungi oleh Bupati mereka. Beliau tak sungkan untuk terjun langsung untuk menengok para warganya dan juga membantu mereka. Karena hal itulah, Bupati Tapanuli Utara tersebut dikenal sebagai Bupati yang ramah dan juga rendah hati.

Karena pedulinya dengan warga, Bupati Nikson Nababan terus memikirkan inovasi – inovasi yang dapat membantu warganya. Contohnya ialah dengan mewujudkan daerah Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan. Meski masih belum sempurna, ia pun terus berusaha untuk menuntaskan pencapaian tersebut. Hal tersebut begitu ingin ia wujudkan guna menaikkan jumlah produksi pangan di daerah Taput tersebut. Dengan adanya kenaikan jumlah produksi pangan, tentunya akan membuat para petani semakin bersemangat lagi.

Bupati Nikson Nababan mempunyai beberapa program untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Salah satunya ialah dengan cara memodali para petani Tapanuli Utara serta mendidik mereka agar mengerti kiat – kiat menaikkan jumlah produksi pangan. Beliau pun mengatakan bahwa niatnya menjadi Bupati Taput ialah karena melihat ketertinggalan yang ada di daerah ini. Karena daerah di Tapanuli Utara ini memiliki potensi yang sangat banyak karena tanahnya begitu subur. Namun sayangnya para warga masih tidak bisa mengolahnya untuk hasil yang maksimal.

Karena potensi yang sangat besar itulah, menjadikan Bupati Nikson Nababan berada di posisinya sekarang. Ia sangat ingin menggali keahlian yang terkubur dari warga Tapanuli Utara. Peningkatan kesejahteraan pada sektor pertanian ini merupakan salah satu impian dari Sang Bupati. Ia sangat menginginkan Tapanuli Utara menjadi daerah yang tidak buta akan peluang yang ada di daerah mereka. Sehingga para petani pun tidak memiliki alasan lagi untuk berhenti bertani dengan alasan pendapatan yang kecil dan tidak memadai.

Bupati Nikson Nababan pun tidak setengah – setengah dalam mewujudkan impiannya bagi warga Tapanuli Utara tersebut. Ia ingin menyulut lagi semangat bertani para petani dengan memberikan traktor untuk mereka. Hal tersebut bertujuan agar mereka dapat mengolah lahan – lahan sawah mereka yang subur dengan lebih mudah. Dan para petani pun menyambutnya dengan sumringah dan terharu. Beliau menyebutkan bahwa biaya membeli traktor tersebut tidak berasal dari dana APBN, melainkan berasal dari dana APBD Taput.

Tidak hanya traktor, Bupati Nikson Nababan pun juga menyiapkan solar sampai operator untuk benar – benar mendukung peningkatan para petani Taput di sektor pertanian. Ia sangat totalitas sekali dalam hal tersebut. Benar – benar membakar semangat para petani untuk bertani. Dan semua alat mesin pertanian yang dibeli, diberikan langsung kepada kelompok taninya. Jadi, para petani dapat menggunakannya langsung dan mengatur penggunaan dengan sebaik – baiknya.

Bupati Nikson Nababan ingin semua bantuan yang diberikan dapat memupuk rasa percaya diri dan pantang menyerah para petani Taput. Ia juga berharap para petani dapat mempunyai penghasilan yang layak setelah ini, mengingat peluang lahan yang subur di daerah mereka. Selain mesin yang dilengkapi untuk para petani, ia juga memberi jaminan terhadap ketersediaan bibit yang unggul serta pupuk bersubsidi. Hal tersebut membuat para petani tidak harus memikirkan modal awal yang besar. Mereka hanya perlu fokus terhadap bertani yang baik dan benar saja.

Setelah panen, hasil tani pun akan ditampung oleh Bupati Nikson Nababan untuk dilelangkan ke pasar. Hal tersebut tentunya sangat membantu para petani dalam meningkatkan penghasilan mereka. Karena di pelelangan, Bupati membuat hasil panen para petani di Tapanuli Utara mendapat harga yang paling baik. Dan tidak harus dilewatkan ke para tengkulak terlebih dahulu. Tentunya semua program tersebut akan membawa dampak yang positif bagi sektor pertanian di Tapanuli Utara.